Thursday, August 9, 2012

Menemukan kembali tas hilang dengan Blackberry dan Google Product



Saya beserta keluarga hari Minggu kemarin pergi ke Kebun Binatang Chapultepec (Zoológico de Chapultepec) di Mexico. Saya pergi bersama istri dan anak saya yang berumur 1 tahun. Ketika menjelang sore, ternyata hujan. Jadi saya cepat-cepat mencari taxi untuk pulang ke apartemen. Akhirnya saya dapat taxi, tapi supir taxi minta harga yang agak mahal. Karena buru-buru ingin pulang dan sudah hujan, sementara ada bayi yang masih kecil. Jadi kami putuskan untuk menggunakan taxi tersebut.

Ketika sampai di apartemen, saya bayar dan taxi sudah pergi. Saya baru ingat tas saya tertinggal di taxi. Isi tas terdapat kamera Nikon SLR, GPS Garmin Nuvi, Blackberry 9700, Dompet yang berisi uang, KTP, SIM, ATM, Kartu Kredit, 2 token Mandiri dan 1 token BCA, kartu FM3, dll. Saya coba lari mengejar, tetapi taxi sdh menghilang dan saya kehilangan jejak.

Melalui resepsionis dan sekuriti, saya meminta untuk diberikan nomor plat taxi tersebut melalui kamera CCTV yang dipasang di palang pintu masuk parkir apartemen. Ternyata mereka tidak punya akses ke rekaman CCTV tersebut. Meminta manajemen datang untuk mengakses rekaman CCTV terebut karena keadaan darurat jg tidak berguna. Mereka malah meminta menunggu sampai senin untuk mendapatkan plat nomor tersebut. Melalui HT, sekuriti resepsionis menyakan nomor plat taxi tersebut kepada sekuriti parkir, akhirnya sekuriti parkir memberika nomor plat taxi tersebut. Karena sudah dapat nomor plat taxi tersebut, saya disarankan pergi ke polisi untuk melaporkan kehilangan. Beberapa saya kali menelepon ke HP Blackberry yang ada didalam tas juga tidak diangkat.

Setelah sampai kantor polisi, saya hanya dibuatkan laporan kehilangan. Polisi tidak bisa membantu mencari atau menemukan alamat pemilik taxi tersebut. Diminta juga datang hari senin untuk menjajaki kemungkinan menemukan alamat melalui polisi lalu lintas. Tetapi kemungkinannya sangat kecil untuk menemukan taxi tersebut kata polisi.

Akhirnya saya kembali ke apartemen, hari sudah menjelang maghrib. Dari polisi hanya mendapat surat kehilangan untuk mengurus semua ID card yang hilang, kartu kredit, ATM atau untuk mengurus asuransi (jika ada).

Sesampainya dirumah saya coba lagi menelepon, tetapi tidak diangkat. Saya SMS meminta sang supir mengembalikan tas tersebut dan memberikan alamat apartemen. Berharap agar supir taxi tersebut memulangkan tas tersebut.

Saya teringat dengan Blackberry Protect yang ada di Blackberry. Blackberry Protect sudah saya instal kira-kira 6 bulan yang lalu. Saya bisa melihat lokasi blackberry tersebut di peta. Tetapi, posisinya selalu berpindah, karena taxinya sedang dijalan. Akhirnya sekitar jam 8 saya mengajak 2 orang teman untuk mengejar taxi tersebut dengan mobil. Tetapi karena kita tidak tahu betul jalan-jalan di Mexico, jadi kesulitan untuk menemukan taxi tersebut meski kita bisa melihat posisi taxi tersebut melalui peta.

Aplikasi Blackberry Protect bisa di download disini: http://us.blackberry.com/apps-software/protect/

Akhirnya sampai jam 10 malam, Iphone yang digunakan untuk melacak posisi taxi sudah kehabisan battere. Akhirnya kita semua pulang, pencarian dilanjutkan besok pagi. Sesampainya dirumah, saya melihat posisi mobil sudah parkir, tidak jalan-jalan lagi. Kemungkinan taxi sudah pulang kerumah dan sudah tidur. Sampai tengah malam, Blackberry masih menunjukkan lokasinya.


Tampilan peta Blackberry Protect “Road View”. 


Tampilan peta Blackberry Protect “Aerial View”



Melalui Google Earth, bisa dilihat lokasi Blackberry tersebut.


Dengan Street View, kita bisa melihat lokasi rumah dan jalan dimana Blackberry tersebut berada.



Akhirnya dengan menggunakan Google Maps yang terinstal di Blackberry istri saya, bisa menemukan arah cara mencapai tempat Blackberry tersebut.


Alhamdulillah dengan bantuan Blackberry Protect dan Google Product, akhirnya saya bisa mencapai lokasi terakhir Blackberry tersebut. Ketika itu saya sangat beruntung karena bertemu dengan taxi yang saya naiki dan bertemu dengan supir taxi tersebut. Meski saya agak-agak lupa dengan mukanya, akhirnya bisa ingat kembali. Beruntung si supir belum berangkat kerja, jika telat beberapa menit saja mungkin saya tidak akan bisa menemukannya. Battere Blackberry saya yang ada di dalam tas sudah mati karena kehabisan battere. Akhirnya si supir mengembalikan tas saya, saya periksa semuanya utuh seperti sedia kala. Saya berikan sedikit uang kepadanya untuk uang terima kasih.

Setelah saya cek, plat nomor kendaraan taxi tersebut berbeda dengan yang diberikan oleh sekuriti apartemen. Untung saya menggunakan Blackberry untuk melacak, kalau menggunakan plat nomor kendaraan mungkin tas saya tersebut sudah tidak akan kembali lagi.

Update 2011-07-26:

Berdasarkan info dari sini: https://appworld.blackberry.com/webstore/content/20844?lang=en

Blackberry Protect Supported Device:
BlackBerry 8220
BlackBerry 8230
BlackBerry 8520
BlackBerry 8530
BlackBerry 8900
BlackBerry 9000
BlackBerry 9100
BlackBerry 9105
BlackBerry 9300
BlackBerry 9330
BlackBerry 9500
BlackBerry 9520
BlackBerry 9530
BlackBerry 9550
BlackBerry 9630
BlackBerry 9650
BlackBerry 9670
BlackBerry 9700
BlackBerry 9780
BlackBerry 9800


Negara yang mendukung aplikasi ini adalah semua negara kecuali:
Indonesia, South Korea, United Arab Emirates

Update 2011-11-12:

Berdasarkan info dari sini: https://appworld.blackberry.com/webstore/content/20844

Blackberry Protect Supported Device:
BlackBerry 8220
BlackBerry 8230
BlackBerry 8350i
BlackBerry 8520
BlackBerry 8530
BlackBerry 8900
BlackBerry 9000
BlackBerry 9100
BlackBerry 9105
BlackBerry 9300
BlackBerry 9330
BlackBerry 9500
BlackBerry 9520
BlackBerry 9530
BlackBerry 9550
BlackBerry 9630
BlackBerry 9650
BlackBerry 9670
BlackBerry 9700
BlackBerry 9780
BlackBerry 9788
BlackBerry 9800

Negara yang mendukung aplikasi ini adalah semua negara kecuali:
South Korea & United Arab Emirates

sumber : http://blog.iqbalir.com/archives/2011/07/menemukan-kembali-tas-hilang-dengan-blackberry-dan-google-product/

No comments:

Post a Comment